HEADLINE TEXT MARQUE FITURE | CHANGE ALL OF THIS TEXT WITH YOUR OWN | MAGZ MODERN | TEMPLATE BY JALOE | DESIGN BY HERRO | MODIF BY NDYTEEN

04/09/10

Membaca Kunci dari Keberhasilan

Hidup ini pada dasarnya adalah proses belajar. Jika kita mau berhasil, maka banyaklah belajar dari proses kehidupan, baik kehidupan pribadi maupun kehidupan orang lain.

Dari mulai lahir, lalu menginjak usia balita, lalu masuk TK, SD, SMP, SMA, dan jika beruntung bisa masuk Universitas. Kemudian jika beruntung lagi bisa dapat gelar S1, S2, dan S3. Semua itu menunjukkan tahapan proses belajar yg dilalui. Orang yg mendapatkan ilmu yg banyak biasanya berkedudukan tinggi dalam strata sosial di masyarakat. Asalkan ilmu tsb dimanfaatkan benar-benar untuk kemashlahatan umat.

Tak terkecuali dalam bisnis. Orang yg berhasil dalam suatu bisnis akan dipandang beda oleh orang lain yg mengenalnya. Dia akan disanjung, didekati, dan bisa jadi 'dimanfaatkan' oleh orang lain untuk diajak kerjasama.

Tahukah kita apa Kunci awal untuk bisa sukses seperti orang-orang di atas?
Kuncinya ada pada 'Kemampuan Membaca'.

Ada 4 kemampuan membaca yg diperlukan sebagai kunci awal menuju kesuksesan hidup :

1. Membaca potensi diri sendiri.
2. Membaca potensi orang lain.
3. Membaca potensi alam sekitar kita.
4. Membaca petunjuk ilham dari ilahi (Tuhan YME).

Mari kita bahas satu per satu. Untuk lebih spesifik, bahasan akan dikaitkan dengan bidang bisnis yg sedang kita geluti.

1. Membaca potensi diri sendiri.
Kenalilah potensi pada diri sendiri sebelum kita memulai suatu bisnis. Ini sering Saya tekankan untuk para pemula. Tuhan sudah menganugrahkan kelebihan pada setiap manusia yg berbeda dari manusia lain. Inilah yg mendasari mengapa orang mencari nafkah sesuai dengan kemampuan masing-masing. Ini pula yg mendasari bisnis kita.

Mari baca apa potensi kita sejak dulu. Apa yg pernah kita lakukan dan itu sempat berhasil. Kadang ada orang yg tidak bisa membaca apa potensi yg ada dalam dirinya. Jika Anda belum tahu sampai saat ini potensi diri sendiri, maka coba gali apa hasrat terpendam Anda selama ini. Apa hasrat yg paling ingin Anda tuju (passion), lalu kaitkan dengan minat Anda.

Sejelek-jeleknya orang normal, pasti ada sesuatu yg dia sukai. Sesuatu yg membuat dia bahagia dan bersemangat bila melakukannya. Temukan sesuatu yg membuat Anda bahagia, lalu kaitkan dengan ide bisnis.

Jika Anda merasa senang ngobrol dengan teman berjam-jam, kenapa tidak dituangkan dalam sebuah blog. Ceritakan sesuatu bidang yg Anda senangi, misal bidang olah raga sepak bola. Banyak orang yg rela nonton sepak bola berjam-jam (bahkan sampai tengah malam), dan keesokan harinya dia ceritakan lagi ke temannya. Kenapa tidak disalurkan lewat blog secara rutin? Silahkan update berita pertandingan terbaru di Blog Anda, lengkap dengan cuplian video, aksesoris tim favorit Anda, dll. Jika pengunjung blog Anda sudah ramai, maka apa saja yg berkaitan dengan sepak bola bisa jadi sumber uang nantinya. Baik dari penjualan produk maupun dari iklan orang lain di blog Anda.

Intinya perlu konsistensi Anda untuk membuat hobi menjadi sumber penghasilan bisnis. Jangan berfikir tidak bisa di awal, tapi lakukan saja terus sesuai kesenangan Anda. Jika orang melihat Anda konsisten, maka Anda akan punya banyak pengikut nantinya. Jika sudah punya banyak pengikut, maka disitulah sumber uang berada.

2. Membaca potensi orang lain.
Membaca potensi orang lain berguna untuk kita ambil hikmahnya. Kelebihan yg dimiliki orang lain belum tentu kita memilikinya juga. Jangan malu untuk belajar dari orang lain, baik dari orang yg kita anggap 'tinggi kedudukannya', maupun dari orang-orang yg kita anggap rendah atau biasa saja.

Jangan hanya lihat kedudukan orang lain, tapi lihatlah apa yg dibicarakannya. Lihatlah apa yg dilakukannya. Seorang pedagang asongan yg berhenti dimasjid untuk shalat tepat waktu akan lebih mulia ketimbang seorang boss yg sholatnya telat melulu.

Seorang tukang parkir yg sabar akan lebih mulia ketimbang seorang pengemudi yg mengucapkan sumpah serapah ketika menghadapi kendala macet di jalan.

Mari membaca kelebihan orang lain, lalu ambil manfaat positifnya buat pengembangan pribadi kita masing-masing.

Kalo dalam bisnis online, Saya sering mengingatkan pada semua member list agar rajin-rajinlah melihat blog atau website orang lain. Lihat apa yg membuat blog atau websitenya menarik banyak pengunjung. Baca kelebihan yg tersurat dalam tulisan-tulisannya. Amati semuanya, tiru, dan modifikasilah sesuai dengan bidang minat Anda.

Istilahnya ; never ending learning gitu loh...!

Masalahnya adalah kelemahan pada diri sendiri yg malas membaca. Jika kita tidak tahu potensi diri sendiri, maka cari tahu dengan membaca buku-buku panduan org yg berhasil. Jangan bertanya sebelum Anda mengambil intisari buku tsb. Karena nanti sang penjawab akan sulit membantu Anda secara spesifik karena yg diceritakan pasti keseluruhan isi buku. Malah Anda akan bertambah bingung sendiri dibuatnya.

3. Membaca potensi alam sekitar kita.
Alam beserta isinya mengandung banyak misteri ilmu. Ada yg sudah diungkap manusia melalui serangkaian penemuan-penemuan ilmiah.

Namun secara sederhana, kita juga bisa membaca potensi alam melalui lingkungan masing-masing. Ada orang yg sukses memanfaatkan limbah koran bekas atau limbah plastik bungkusan untuk dibuatkan tas kreatif. Ada yg kreatif memanfaatkan limbah kaca untuk dijadikan hiasan lampu yg menarik. Ada yg menjadikan gentong bekas untuk dibuatkan hiasan air terjun mini di dalam gentong, lengkap dengan lampu-lampunya.

Intinya Tuhan tidak pernah sia-sia dalam menciptakan sesuatu di alam semesta ini. Semua sudah direncanakan-Nya dan masing-masing pasti ada manfaatnya.

Kita sebagai manusia yg ditunjuk menjadi khalifah di muka bumi sudah dilengkapi panca indera untuk membaca hikmah-hikmah tersembunyi dari alam. Masak memanfaatkan apa yg sudah diberi kita tidak mampu memberikan nilai tambah? Sungguh kitalah yg menyia-nyiakan pemberian Tuhan jika tidak memanfaatkannya untuk membaca potensi alam sekitar.

4. Membaca petunjuk ilham dari ilahi (Tuhan YME).
Tuhan telah menciptakan manusia dengan 2 potensi ; potensi untuk berbuat baik dan potensi untuk berbuat tidak baik.

Jika kita cenderung melakukan hal-hal baik, itu pertanda hati nurani kita lebih dominan mendapat petunjuk dari Tuhan. Jika kita cenderung melakukan hal-hal yg tidak baik atau merugikan, itu pertanda pengaruh nafsu 'Syaitan' lebih dominan dalam hati kita.

Oleh karena itu sangat penting setiap harinya kita membaca sudah berapa banyak kesalahan dan dosa yg kita perbuat. Mari kita bersihkan dosa setiap hari ibarat kita membersihkan kaca yg kotor. Caranya dengan banyak-banyak bertobat dan beristighfar. Jika kaca kita bersih dari kotoran debu-noda, maka cahaya matahari akan lebih mudah tembus masuk ke relung rumah.

Demikianlah halnya hati. Jika hati kita bersih karena sering bertobat dan beristighfar, maka petunjuk ilham dari Tuhan akan lebih mudah menembus relung hati. Kalo sudah begitu, maka kita akan dimudahkan membaca petunjuk kebenaran dari Tuhan. Yakinlah jika kita bisa membaca petunjuk dari Tuhan, hidup ini akan dimudahkan oleh-Nya. Karena pada dasarnya kita adalah makhluk ciptaan Tuhan, maka segala aturan dan petunjuk Tuhan pasti membawa kesuksesan bagi diri kita. baik kesuksesan dunia, maupun kesuksesan akhirat.

Bahagia di dunia dan bahagia di akhirat. Bukankah itu yg sedang kita cari selama ini???

Jadi sobat, mulai sekarang mari kita lebih rajin membaca untuk mencapai kesuksesan yg sebenarnya...!

Sukses untuk Kita yg mau Belajar Membaca,


Davit

7 komentar:

Gaphe mengatakan...

mungkin itu juga kali ya yang menjadikan alasan Ayat Quran pertama kali turun menyuruh Rasul untuk membaca.. IQro..

rzky mengatakan...

memang kita kalau mau pintar/jenius mesti harus banyak baca....asal banyak baca jangan smpai kepala jadi botak lhoooo...

Budi Rahardjo mengatakan...

Yang lebih penting lagi bukan berapa banyak kita membaca... tapi berapa sering kita membaca.
jadi milikilah reading habbit... minimal 15 menit per hari, sudah barang tentu membaca buku yang positif... ok, ane tunggu postingan berikutnya...

Dhana/戴安娜 mengatakan...

salam sahabat
baus oh iya dah saya follow n follow balik dah belum???maaf komeng ga relevan nguantuk banget

Tatan mengatakan...

saya malas sekali membaca, tapi kayaknya mulai sekarang harus berusaha untuk rajin membaca sebagai contoh untuk anaku yang udah 3 tahun :)

Macam2 Info mengatakan...

kita memang harus bs mengikuti orang2 dinegara maju yang bs membaca beberapa buku dalam satu hari

z33s mengatakan...

dengan banyak membaca akan membantu kita menuju kesuksesan.

saya follow di no.94, ditunggu balikna ya ....

Http://www.z33s.co.cc

Posting Komentar